Senin, 31 Maret 2014

H-20 UN (Bagian 2)

Hai, ini Eka di H-20 UN beneran.

Well ternyata target gue kurang berjalan sesuai rencana, tapi over all keren deh hari ini.
Oh iya, mulai saat ini gue bakalan sharenya sesuai dengan tanggalnya ya, soalnya gue udah masang paket internet di hape. So, pada kepo kenapa???
Mari gue ceritakan.


Berawal dari gue yang gagals bangun buat tahajud, ujung2nya bangun seperti biasa, abis itu pergi kesekolah.
Jujur aja gue kurang suka sama pengayaan disekolah gue karena pengayaan disekolah gue bener-bener gak guna. Gurunya jarang masuk terus ngasih tugasnya gak jelas. Tau gitu lebih baik gue ditempat les aja deh. Auranya pengen belajar terus kalau disana.
Kemudian, tadi disekolah ada koordinator kelas mau ngebahas masalah bocoran.
Feeling gue kemarin bener. Ternyata ada koordinator buat bocoran diangkatan gue. Berhubung sekolah gak ngasih. Jadi kita inisiatif sendiri buat nyari.
Awal mereka masuk mereka ngejelasin kalau mereka mau ngomongin bocoran, terus sama gue langsung gue jeplakin,
“Bayar berapa?”
Terus mereka langsung ngomong:
“Bukan masalah itu, mending jelasin dulu deh gimana cara make bocorannya.”
Terus mereka jelasin dan ujung-ujungnya ngasih tau kalau satu orang kena 65rb kalau kelas gue ikut. Tapi kalau kelas gue gak ikut kelas lain kena 70rb. Disitu keliatan banget kalau kelas gue lagi disindir maksimal.
Kelas gue 12 IPA 1 dibilangnya sih kelas unggulan. Menurut gue kelas gue gak unggulan. Yang bikin beda cuma, kelas gue punya semangat belajar yang tinggi.
Kenapa punya semangat tinggi, ya mungkin karena mayoritas anak kelas gue itu kurang mampu, dan rata2 yang ikut bidikmisi tuh ya ada di kelas gue.
Oke balik lagi, si Oknum A (perwakilan koordinator bocoran) pun mengakhiri pembicaraan dengan omongan seperti ini kurang lebih:
"Nyontek emang salah. Tapi lebih salah lagi kalau lu gak lulus gara-gara lu gak nyontek."
Gue dan anak kelas gue pada hening. Gak ada yang gimana-gimana.
Itu perkataan yang paling asdfghjkl.
Terus gue diem aja bilang,
“yah gue sih bayar ajalah, entar kalau gak bayar, makin digimana-gimanain kelas kita, nanti disumpah serapah ‘songong banget’ dan lain-lain.”
Tapi ya gue cuma bayar dan gak mau make.
Akhirnya pas pulang sekolahnya, gue sama si Suci/Uci lanjut liatin video Palestina yang belum sempet kita tonton kemarin.
Nah, pas lagi nonton, ada anak-anak kelas yang juga lagi sholat (note: wifi gratis ada di masjid XD)
Jadi gue nunjukin video penyerangan Israel ke Palestina dengan white phosphorus, disitu cuma beberapa aja yang berani liat.
Ujung-ujungnya gue malah ceritain ke mereka tentang segala macem, tentang khilafah terakhir, tentang pemilu, kriteria pemimpin, zaman-zaman Rasulullah, sampai bagian bahas Yahudi.
Pokoknya berhubung waktu menunjukan jam 1 lewat sekian (note: sekolah jadi balik jam 11)
Akhirnya kita pada pulang, kecuali Gue, Suci dan Mawar.
Jadilah kita ujung-ujungnya bahas bocoran, tapi tiba-tiba Mawar bilang,

“Lah ka, kalau kamu bayar, sama aja dong kamu udah ‘menyumbang’ gitu.”

Ngedenger perkataan Mawar, gue tertohok dan diem aja.
Sampai rumah (jam 2-an) gue bebenah sambil kepikiran, pas gue bilang ayah gue, dia gak setuju banget, tapi pas gue bilang:
“Yah, yang ikut seangkatan.”
Kemudian ayah gue ngomong.
"Yah, serba salah. Yaudah ayah ikut aja, kalau iya ayah kasih uangnya kalau engga ya engga."
Kemudian gue bebenah dan siap-siap buat les, pas gue telpon Ucu (temen berangkat les), taunya dia baru bangun, jadilah sholat Ashar dulu dirumah, baru otw, pas ditelpon gue udah bilang,

“Cu, gue mau bahas masalah bocoran.”
Ucu sebenernya yang ngasih tau gue kalau dia gak mau make bocoran, dan bener-bener bikin gue termotivasi buat gak make bocoran juga.
Pas berangkat dijalan Ucu cerita kalau dia juga bingung harus gimana.
Dan gue mendadak teringat perkataan Oknum A.
"Nyontek emang salah, tapi lebih salah lagi kalau lu gak lulus karena gak nyontek."
Gue pun greget, ingin rasanya gue tambahin jadi:
"Nyontek emang salah, tapi lebih salah lagi kalau lu gak lulus karena gak nyontek. Dan lebih lebih salah dan dosa lagi kalau lu lulus dengan hasil nyontek."
Gue langsung sms Vivi dan Lulu yang intinya dari saran mereka, ya nyuruh buat gak ikut.
Gue:
“Vivi, disekolah gue, seangkatan janjian beli bocoran. Gue bingung vi ikutan apa engga.
Bayarnya 65. Gue bingung harus gimana”
Vivi:
“Afwan ya ka baru bls. Tanpa nanya pun, Eka pasti udah taukan jawabannya? Gausah ragu lg, percaya aja sama kemampuan diri sendiri, toh Eka jg udah les. Gamaukan kotorin nilai ijazah dgn kepalsuan? Karna nilai itu cuma formalitas. Yg penting ikhtiar, tawakkal dan do’a. Selebihnya, itu hak Allah. Apapun hasilnya, pasti yg Allah beri yg terbaik utk hambaNya. Percayadeh, kepuasaan yg didapet itu pasti beda. Hirauin aja temen2 Eka. Nah, sekarang tugasnya Eka buat kasih tau mereka, biar sama2 paham kalo yg dilakuin itu gabaik dan malah suatu hal yg dilarangNya:’) semangaattt Ekaaa^^”
Gue pun ngasih tau Ucu, dan jawaban Ucu begitu dramatis,
"Pertanyaannya cuma satu. Lu berani gak? Apa lu udah siap dijauhin anak seangkatan?"
Pertanyaan yang begitu sederhana, dan gue butuh waktu lama buat mikir itu.
Kakak kelas gue dulu, yang gak make bocoran, ujung-ujungnya sukses.
Kak Ramy di Arsitekrur UB
Kak Dany di Fisika - UGM
Kak Dita di STAN.
Mereka yang gak make bocoran. Dan Alhamdulillah mereka sukses.
Astaghfirullah. Selama les gue bener-bener terguncang dan merinding.
Les pertama Fisika, rasanya UN Fisika jadi mudah, namun karena gue dateng telat, diawal-awal jadi kurang paham. Tapi sumpah jadi terasa mudah.



Pelajaran selanjutnya Matematika.
Kak Ruri (guru Matematika)-nya, bener-bener nyemangatin dan bilang, kalau waktu sisa 2 minggu ini tuh cukup banget buat belajar dan ngejar materi.


Pulang dari itu, gue tambahan Kimia sama Kak Julay.
Bener-bener kebuka deh pikiran gue, walaupun balik les jam 10 malem. Kerasa manfaatnya.
Sampe rumah pun gue langsung tidur dan telah memutuskan didalam hati.
Jawaban apa dan sikap apa yang akan gue kasih besok di sekolah.


0 Korban:

Posting Komentar