Sabtu, 13 Desember 2014

Ngajar Privat Anak Gaul

Hai semuaaaa, setelah antah berantah tentang SBMPTN telah berakhir long long time ago, gue udah ngerasain banyak banget hal-hal aneh dan baru disini. Mungkin kalau langsung gue ceritain sekarang, bakalan jadi cerita yang sangaaat panjang. But here i am, sekarang gue lagi kuliah di sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Ciputat. Sebut saja, UI(n).



Sebenernya gimana akhirnya gue bisa terdampar di kampus ini udah terlalu basi untuk dibahas sekarang. So, yang mau gue bahas kali adalah tentang pengalaman gue ngajar privat anak gaul.
Kok bisa gue ngajar padahal masih semester 1? Karena ngajar itu gak memandang semester. Gue serius.



Semua berawal dari gue yang ngambil jurusan Pendidikan Matematika. Kebetulan di jurusan gue dibagi jadi 2 kelas, kelas A dan kelas B. Gue dapet kelas B, kelasnya anak-anak yang masuk UIN cuma gara-gara 

“yah gue keterimanya cuma disitu sih, mau gimana lagi.”

Tapi didalem kelas gue ada satu anak tuh, namanya Meli. Dia satu tahun diatas gue, selama satu tahun dia nunda kuliah, ternyata dia ngajar!

Dan itu bikin Meli pinter banget!

Awalnya gue ngira Meli pinter ya emang kodratnya, toh dia selama satu tahun itu emang luangin waktunya buat belajar. Tapiiii, bukan disini pointnya. Ternyata gak peduli seberapa lama waktu lu ngajar, asal lu udah ngajar sekali aja, lu bakalan jadi pribadi yang bener-bener beda!

Serius!

Lebay sih gue, tapi beneran deh. Sejak liat Meli, anak kelas jadi banyak yang berpikiran buat ngajar juga, dan ternyata setelah dicek taunya makin lama udah setengah kelas gue aja, yang lagi pada ngajar. Dan gue ngerasa ketinggalan banget.

Si Imah salah satu temen sekelas gue juga, doski emang pinter sih, cuma gak begitu keliatan, tapii setelah ngajar dia jadi makin pinter gitu. Disitu gue langsung ngerasa,

"anjir, gue kudu ngajar juga biar jadi pinter."


Tapi disisi lain gue masih merenungi nasib gue di Ma’had (pesantren UIN),  jadi gue ikut pesantren gitu di UIN dan setiap salat maghrib di absen, jadi kalau gue absen salat kurang dari 70%, living cost gue bakalan dikurangin, dan hal ini berlaku juga buat pembinaan yang diadain setiap jam 19.00-20.30.

Oke masalah Ma’had ma’had ini bakalan gue bahas nanti aja ya.

Akhirnya gue bersama Ulfah (masih temen sekelas), Imah dan Kak Arista (masih temen sekelas juga) kita cus pergi ke lembaga ngajar privat yang bakalan bikin gue dan Kak Arista yang baru mau mulai ngajar ini dapet murid. Tapi shit happens, taunya di tes!


Gue pun ikutin tes dengan sok swag gitu, serasa gue paling jago matematika gitu, tapi teuteup, rumus luas sama keliling lingkaran aja gue ketuker #ampunihamba


Tapi baru aja gue daftar gitu, malemnya gue langsung ditawarin buat ngajar, tapi buat ngajar malem, sedih deh. Soalnya ya emang gue gak bisa buat ngajar kalau malem (ada ma’had tadi).

Setelah lama ditawarin setiap hari, namun gue terus-terusan nolak lowongannya, gue akhirnnya menjatuhkan pilihan. Sebenernya gue kadang ngerasa, gue nolak lowongan bukan karena itu kejauhan, atau karena ma’had tapi semua itu karena gue ngerasa gue belum siap.

Pekerjaan jadi guru itu emang mulia, ilmu yang seorang guru sampaikan kepada muridnya bakalan jadi pahala buat dia, tapi kalau gurunya ngajar sebuah dosa, sebuah kesalahan ya dosanya juga ikutan berkembang.

Kalau dokter salah, yang mati satu orang. Kalau guru salah, yang mati satu generasi.

Ya dengan definisi mati yang berbeda tentunya.

Udah kayak gitu akhirnya gue ditawarin si Imah, dia dapet job ngajar anak kelas 2 SMA lokasi di Bintaro Sektor 9. Waktu denger Sektor 9 gue langsung keinget Palkeh. Obsesi gue dimasa lalu, buat yang belum tau Palkeh.

Jadi, Palkeh itu admin @TheSalahGaul, gue sempet naksir sampe kayak orang gila gitu sama dia, pas gue kelas 9 sampe kelas 10 gitu deh.

Oke balik kecerita perivat. Setelah mikir-mikir, entah kenapa gue rada ragu, 2 SMA bro, secara, materi kelas 2 itu susah-susah. Tapi Imah dengan gayanya ngomong gini:

“gue aja berani ngajar kelas 3 SMA, masa lu 2 SMA aja gak berani Ka”

Kemudian gue yang anaknya gampang tertantang dengan songongnya bilang

“oke deh, siapa takut”

Akhirnya hari itu juga gue pergi ke lembaga buat ngambil surat tugas, ternyata eh ternyata gue disuruh ngajar murid yang namanya Tania, alamatnya udah dikasih tau pokoknya diperumahan gitu.
Gue yang sejujurnya gak tau banget itu jalannya lewat mana, dengan sok yakinnya ngebilang:

“Oh, naik D09 ya mba terus turun di McD sektor 9.”


Tapi................mcd sektor 9, dimana ya?

***

Gue ngajar Tania hari Minggu, kebetulan pas hari Sabtu gue balik kerumah gue di Tangerang. Jadi kalau gue mau ngajar gue kudu balik dulu ke Ciputat. Berhubung gue kalau mau balik ke Ciputat itu PR bangeeettt, gue kudu dari rumah ke Parung Panjang buat naik kereta, terus turun di Stasiun Pondok Ranji, nah jalan dikit ke lampu merah naik D09. Untungnya gue udah pernah ke STAN di Sektor 5 eh apa 4, tapi 5 deh kayaknya. Intinya dengan bermodalkan google maps dan mengira ngira ongkos dengan cara melihat uang yang dipegang sama penumpang lain, gue berhasil sampe di McDonald’s Sektor 9. Dan bener kata Mbak-mbak dari lembaga, kalau di McD banyak ojeg, gue pun naik ojeg.

Gue kasih alamat Tania yang tertera di surat pengantar gue sebagai guru privat dia. Eh taunya amang ojegnya bilang gini,

“wah ini seperumahan sama Melly Goeslaw nih Mbak”
Gue cengok.

Bener sih kata temen-temen gue, anak yang dari privat lembaga itu orang kaya semua, bahkan kemarin temen gue ngajar murid yang didalem rumahnya ada kolam renang, gak bermaksud norak sih, abis dirumah itu cuma ada nenek sama si murid doang, hadirnya kolam renang malah jatohnya kayak

“buat apa sih?”

Tapi oke gak penting itu, toh gue belum pernah ngerasain punya kolam renang sendiri. Terakhir kali berenang juga pas ngambil nilai buat ujian praktek renang pas SMA-__- #ekasikuper
Pas naik ojeg itu tuh jauhhhhhhhhhhhhhh banget, sampe gue mikir, gilak nih bisa-bisa gaji gue abis buat transport doang, soalnya gue terpaksa naik ojeg gitukan ya. Setelah keliling sama amang ojeg. Gue pun sampe dirumah si Tania ini, awalnya gue kira rumah si Tania ini yang didepan rumah dia, yang gede banget, taunya bukan-__-“

DAN GUE DITIPU AMANG OJEG. KENA BAYAR OJEGNYA 20.000 

dah mana

Rumah Tania gak ada kolam renangnya. Gue kecewa

Oke, salah fokus.
Pas baru dateng gue disapa dia,

“Kak Eka apa Mbak Eka?”

Gue: “Kak Eka”

Ternyata Tania itu cerewet abisss, baru dateng dia langsung “ngetest” gue, menurut gue wajar aja sih dia ngetest gue, kalau pas gue seumuran dia juga gue pengen diajar sama orang yaaa, yang bener-bener layak buat ngajar gue. Pas masih jalan, belum duduk nih, dia udah nanya:

“Kakak tau Irisan Kerucut gak?”

Gue kaget.

“anjir, itu pelajaran apa?”

Gue dengan cool nya berusaha sok bisa dan sok berkualitas gitu, gue jawab,

“emm, yang gimana ya dek?”

*dia nunjukin buku dia*

Sumpah!!!!!!!!!!

Soalnya tuh susaaaaaaaaaaahhhhhhhh banget gilaakk, gue syock, jadi itu didalem si kerucut ada parabola gitu, tau deh susah banget. Dan baru ngeh kalau dia itu make Kurikulum 2013!

DASH!!!

Gue nyesel ngajar si Tania. Gak nyesel juga sih, cuma kayak sebel sendiri aja. Selama ini gue selalu mendukung Kurikulum  2013, karena gue ngerasa materinya tuh emang bagus gitu, soalnyaaaa, di Kurikulum itu ya diajarin tentang penerapan ilmu yang kita pelajarin di dunia nyata. Kan kadang gue suka denger orang-orang yang ngomong,

“kadang gue mikir deh, buat apa sih gue belajar sin cos gitu, buat apa sih gue belajar logaritma.”

Nah di Kurikulum 2013 tuh dikasih tau itu semua bakalan diterapin di dunia nyatanya gimana.

Tapi menurut gue bukan itu sih fokusnya tapi lebih ke:

Matematika itu ngelatih pola pikir, nambah IQ. Kadang orang itu suka munafik, dengan bilang:
Eh EQ itu lebih penting dari IQ. Tapi sobs, kita gak menutup diri kalau IQ juga sama pentingnya. Eh udah ya kok jadi ngelantur-__-

Nah. Akhirnya gue malah sok sok ngalihin pembicaraan gitu ke si Tania, gue ngata-ngatain K13 (Kurikulum 2013). Dan bilang kalau gue gak ngerti karena emang belum gue pelajari (note: taunya gue bakalan belajar nanti pas semester 3).

Akhirnya Tania bilang,

“yaudah kita belajar suku banyak aja.”

DANNNNN

Betapa kagetnya gue, soal yang ditanyain Tania itu, soal gue UTS kemarin di kampus, duh! Mana gue lupa caranya lagi-_____-“

Akhirnya gue gak bisa, intinya pas ngajar gue gabut banget, mana saking degdeggannya tangan gue sampe gemetaran banget lagi, ih sebel, malu-maluin (maklum pertama kali ngajar).
Dan terus di soal apa gitu gue bilang,

Maaf ya dek kakak gak tau jawabannya.

Dia: yaudah ntar aku tanya temen aku

Gue: tuh temen kamu bisa

Dia: iya, dia nanya guru privat dia

Dalem hati gue: anjir ini bocah nyindir gue pas didepan muka gue banget *sakit*

Gue diem aja

Dia terus nyerocos:
Kan aku bilang ya kak ‘guru privat lo bisa?’ eh dia jawab ‘iya bisalah, guru, lu gimana sih’

Sumpah pas si Tania cerita gue pengen kayak. STOP. STOOPPP. Mending bunuh gue aja dirawa-rawa. Tapi Tania terus membunuh hati gue dengan kata kata dia #ciegitu

Dia: terus aku tanya dia ‘emang bayar gurunya berapa’ terus temen aku bilang ‘gue juga jarang sih manggil dia, dipanggil paling kalau gue emang bener-bener lagi butuh doang’ terus aku tanya kan kak ‘berapa?’ eh dia jawab ‘400 sekali pertemuan’

Gue kehabisan kata-kata, bingung lah coy. Itu baru 30 menit pertama. Gue udah kesiksa banget, bukan muridnya yang ngeliat jam mulu tapi ini gue yang liat jam mulu.

Tania juga sempet bilang gini:
Akukan sekolah di labschool jadi gurunya kayak nuntut kita buat lebih ekstra gitu kak.

Dan pas gue ceritain ke temen-temen gue di kampus kalau si Tania anak labschool mereka langsung pada, “anjir wajar ka”

Dan gue merasa...........kudet banget.

Dan nyesek banget pas udah jamnya berakhir gue yang lagi asik bengong diginiin:
“kakak gak pulang?”

Anjir! Gue diusir secara tidak langsung. Dan pas gue liat jam, yaa emang waktunya juga udah abis sih, jadi yeah seneng, tapi sebel si Taninya ngusir gitu-_-

Gue kan minta maaf gitu ya sama dia

“maaf ya dek, aku useless banget ini, gabut gitu lagi.”

Dia cuma jawab

“gapapa kok kak, kakak cuma guru pengganti inikan ya.”

Padahal gue bukan guru pengganti si Tania!!!! Gue emang guru dia, cuma gue ekting aja, pura pura jadi guru pengganti si Tania, jadi pas gue ngelepas dia (berhenti ngajar dia) dan gak mikir yang macem-macem.

Jadi Tania itu sebenernya udah 3 kali pertemuan sama si guru sebelumnya, entah Tania yang ngelepas, entah si gurunya yang ngelepas, tapi kayaknya mah si gurunya yang ngelepas. Sumpah deh coy, ngajar si Tania ini penuh cobaan gitu zzzzzzzzz

Si Tania bilang, dia sama guru sebelumnya itu lebih sering si Tania yang ngerjain, jadi gurunya itu cuma bantu-bantu ngitung doang. Si Tania juga nambahin kalau dia itu kan privat matematika sama fisika. Dan dua duanya gurunya gabut gini juga.

Akhirnya gue memutuskan buat pulang, dan ngelepas ngajar si Tania ini.

Tapi...............

***
BERSAMBUNG

HAHAHAHA
Cerita gaje ini akan dilanjut kalau yang baca postingan ini banyak....... apa banget ya gue
















2 Korban: